Hukum Kepler tentang Gerak Planet

Hai sobat kali ini kita membahas tentang Gerakan Planet menurut hukum Kepler. wah teman-teman ngak usah berpikir bahwa akan banyak hitung-hitungan memangnya kita penjual sayur? wkwkwk.

ada sobat yang tahu ngak bagaimana planet termasuk didalamnya ya bumi kita ini sobat bergerak melintasi mathari. nah model alam semesta sudah dicetus lama sekitar tahun 140 Masehi Ptolomeus menyatakan bahwa bumi ber
ada dipusat alam semesta dan metahari dan bintang-bintang mengelilingi bumi tersebut.

namun model Ptolomeus keliru, Copernicus meganti model ini menjadi matahari sebagai pusat tata surya dan dikelilingi bumi cs.  jadi kurang lebih lebih tata surya kita seperti ini :
hukum kepler tentang gerak planet

perubahan pusat tata surya dari bumi menjadi matahari menjadi kontroversial yang sangat besar di Eropa zaman itu. bagaimana tidak yang sebelumnya orang beranggapan bahwa matahari mengelilingi bumi. hal tersebut juga diperparah oleh dukungan pihak gereka ke teori Geosentris alias bumi sebagai pusat tata surya. akibatnya Galileo menjadi 'tumbal' pihak gereja dan dipenjara karena mendukung teori Heliosentris alias matahari pusat tata surya.

Perhatikan kembali gambar diatas dan simak hukum kepler berikut ini:
  1. semua planet bergerak dalam orbit elips dengan matahari disalah satu fokusnya
  2. Garis yang menghubungkan tiap planet ke matahari menyapu luasan yang sama dalam waktu yang sama
  3. Kuadrat periode tiap planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet matahari.
Nah menarik untuk dicermati ternyata dalam waktu yang sama luas yang disapu oleh planet dalam mengelilingi matahari adalah sama saja. sekilas kita melihat tidak sama karena jarak matahari keplanet berbeda-beda tapi ternyata luasnya tetap sama. karena ketika planet lebih dekat ke matahari lintasannya juga semakin besar dalam satuan waktu. jadi meskipun jaraknya kecil tapi Planet mampu melintas lebih besar.






Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jika perlu Silakan Berkomentar, Gunakan Kata-kata yg Pantas. Dan Kami tidak menampung Acara Debat. Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Komentarnya