Teori Relativitas Umum Einstein Bungkam Konsep Gravitasi Newton

Teori Einstein relativitas umum memprediksi bahwa ruang-waktu di sekitar bumi  tidak hanya Melengkung tetapi juga membelit rotasi planet.   
Pada tahun 1905, Albert Einstein menetapkan bahwa hukum fisika adalah sama untuk semua pengamat non-percepatan, dan bahwa kecepatan cahaya dalam ruang hampa adalah independen dari gerakan semua pengamat. Ini adalah teori relativitas khusus. Ini memperkenalkan kerangka kerja baru untuk semua ilmu fisika dan mengusulkan konsep baru tentang ruang dan waktu.

Einstein kemudian menghabiskan sepuluh tahun mencoba menyempurnakan teorinya dan menerbitkan teori relativitas umum pada tahun 1915. Di dalamnya, ia menetapkan bahwa benda-benda besar menyebabkan distorsi dalam ruang-waktu, yang dirasakan sebagai gravitasi.


Dua benda memberikan gaya tarik-menarik satu sama lain dikenal sebagai "gravitasi."  pusat bumi  menarik Anda ke arah nya (menjaga Anda tegas bersarang di tanah), pusat massa  menarik anda kembali ke bumi, meskipun dengan jauh lebih sedikit gaya. Sir Isaac Newton menghitung gravitasi antara dua benda ketika ia merumuskan tiga hukum gerak. Namun hukum Newton menganggap bahwa gravitasi adalah gaya bawaan dari suatu obyek yang dapat bertindak lebih jauh.

Albert Einstein, dalam teorinya tentang relativitas khusus, menetapkan bahwa hukum fisika adalah sama untuk semua pengamat yang tidak dipercepat, dan ia menunjukkan bahwa kecepatan cahaya dalam ruang hampa adalah sama tidak peduli kecepatan di mana seorang pengamat berada. Akibatnya, ia menemukan bahwa ruang dan waktu yang terjalin ke sebuah kontinum tunggal yang dikenal sebagai ruang-waktu. Peristiwa yang terjadi pada saat yang sama untuk satu pengamat bisa terjadi pada waktu yang berbeda untuk lain

saat Einstein mengemukakan  teori  relativitas umum, Einstein menyadari bahwa benda-benda besar menyebabkan distorsi dalam ruang-waktu. Bayangkan pengaturan tubuh besar di tengah trampolin. Tubuh akan menekan ke dalam kain, menyebabkan ia lesung. Sebuah marmer berguling-guling tepi akan spiral ke dalam ke arah tubuh, menarik dalam banyak cara yang sama bahwa gravitasi planet menarik batu di ruang angkasa.

Bukti eksperimental Meskipun instrumen tidak dapat melihat atau mengukur ruang-waktu, beberapa fenomena yang diprediksi membelokkan yang telah dikonfirmasi.
  • Cahaya di sekitar sebuah obyek yang masif, seperti lubang hitam, dibengkokkan, menyebabkan ia bertindak sebagai lensa untuk hal-hal yang ada di balik itu. Para astronom secara rutin menggunakan metode ini untuk mempelajari bintang dan galaksi di balik benda-benda besar.
  • Perubahan orbit Merkurius:  orbit Merkurius bergeser secara bertahap dari waktu ke waktu, karena kelengkungan ruang-waktu di sekitar matahari besar. Dalam beberapa miliar tahun, bahkan bisa bertabrakan dengan Bumi.
  • Bingkai-menyeret ruang-waktu di sekitar badan berputar: perputaran  berat benda, seperti Bumi, harus memutar dan mendistorsi ruang-waktu di sekitarnya. Pada tahun 2004, NASA meluncurkan satelit Gravity Probe B. yang dikalebrasi secara cermat menyebabkan sumbu giroskop dalam melayang sangat sedikit dari waktu ke waktu, hasil yang bertepatan dengan teori Einstein.
  • Gravitasi pergeseransinar merah: Radiasi elektromagnetik dari suatu objek ditarik keluar sedikit di dalam medan gravitasi. Pikirkan gelombang suara yang berasal dari sirene pada kendaraan darurat; sebagai kendaraan bergerak ke arah pengamat, gelombang suara yang dikompresi, tetapi seperti bergerak menjauh, Dikenal sebagai Efek Doppler, fenomena yang sama terjadi dengan gelombang cahaya pada semua frekuensi. Pada tahun 1959, dua fisikawan, Robert Pound dan Glen Rebka, menembak sinar gamma besi radioaktif pada sebuah sisi menara di Harvard University dan menemukan hasilnya menjadi tidak tepat dari frekuensi sinar gamma  karena distorsi yang disebabkan oleh gravitasi.
itulah beberapa fakta yang mendukung teori relativitas umum einstein, semoga dapat menambah wawasan kita amin,
tulisan ini diterjemahkan dari artikel bahasa inggris dan sedikit dimodifikasi oleh admin

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jika perlu Silakan Berkomentar, Gunakan Kata-kata yg Pantas. Dan Kami tidak menampung Acara Debat. Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Komentarnya