perbedaan jilbab dan kerudung

Perbedaan Jilbab dan kerudung sebagian masyarakat masih menganggap jilbab dan kerudung itu sama. namun sebenarnya sangat berbeda. lantas bagaimanakah penjelasan dari dua hal tersebut?.

Jilbab merupakan kewajiban atas perempuan muslimah yang ditunjukan Allah dalam dua ayat Al-Qur'an yang berbeda.
Mengenai jilbab, Allah SWT menjelaskannya dalam surat A
l-Ahzab ayat 59..
"Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak - anak perempuanmu dan isteri - isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab - jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (Al-Ahzab : 59)
Dalam ayat ini, kata jalabib adalah bentuk jamak dari kata jilbab. Para mufassir memang berbeda pendapat mengenai arti jilbab ini.

Imam Syaukani berpendapat jilbab adalah baju yang lebih besar daripada kerudung, dengan mengutip pendapat Al-Jauhari pengarang kamus Ash-Shihaah, bahwa jilbab adalah baju panjang dan longgar (milhafah). Ada yang berpendapat jilbab adalah semacam cadar (al-qinaa’), atau baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan. Menurut Imam Qurthubi dalam Tafsir Al-Qurthubi, dari berbagai pendapat tersebut, yang sahih adalah pendapat terakhir, yakni jilbab adalah baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan.
Jadi, jilbab itu bukanlah kerudung, melainkan baju panjang dan longgar (milhafah) atau baju kurung (mula`ah) yang dipakai menutupi seluruh tubuh di atas baju rumahan. Jilbab wajib diulurkan sampai bawah (bukan baju potongan), sebab hanya dengan cara inilah dapat diamalkan firman Allah (artinya) “mengulurkan jilbab-jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Dengan baju potongan, berarti jilbab hanya menutupi sebagian tubuh, bukan seluruh tubuh.
Jilbab ini merupakan busana yang wajib dipakai dalam kehidupan umum, seperti di jalan atau pasar. Adapun dalam kehidupan khusus, seperti dalam rumah, jilbab tidaklah wajib. Yang wajib adalah perempuan itu menutup auratnya, yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, kecuali kepada suami atau para mahramnya (lihat QS An-Nur : 31).
 
perbedaanjilbab dan kerudung
gambaran jilbab yang sesuai dengan ajaran islam
Sedangkan untuk kerudung (khimar), Allah SWT berfirman (artinya), “…Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…” (QS An-Nur : 31).
Dalam ayat ini, terdapat kata khumur, yang merupakan bentuk jamak dari khimaar. Arti khimaar adalah kerudung, yaitu apa-apa yang dapat menutupi kepala.


nah itulah sekilas tentang jilbab dan kerudung semoga kita dapat memahaminya dengan benar. jangan sampai menggunakan kerudung tapi berbaju pendek lengan.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Jika perlu Silakan Berkomentar, Gunakan Kata-kata yg Pantas. Dan Kami tidak menampung Acara Debat. Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Komentarnya